Ciri-ciri Teman Yang Pinjam Duit dan Enggak Mau Bayar

Halo sist, mimin lagi di datengin temen-temen banyak banget di curhatin kalau duit mereka di pinjem sama orang yang sama dan di tagih sama sekali enggak mau bayar cuma janji terus di php in, nah yang bikin dongkolnya lagi yang pinjem duit itu di telpon enggak aktif, bbm ganti, whatsapp ganti tapi di insta story bisa update lagi jalan-jalan dan traktir-traktir gebetan. Dongkol kan yaa?

Sista-sista pasti pernah ngalamin gimana rasanya punya temen yang pinjem duit sampai mohon-mohon ngerayu-ngerayu buat di pinjemin bahkan sampai janji bayar hutang dalam waktu beberapa hari. Nah ini juga kejadian di temen-temen mimin yang dipinjemin duit sist, temen mereka pinjem duit yang nilainya satu kali gaji dia sebulan tapi berani janjiin satu hari bakal dibalikin. Kan aneh yaak? Dia pinjem duit kan karena enggak ada tabungan, dia butuh duit yang setara gaji dia sebulan tapi bisa janjiin bakal balikin dalam satu hari. Ini kejadian di teman-teman mimin. So biar kita bisa saling belajar mimin mau bagi-bagi info ciri-ciri temen kita yang pinjem duit dan enggak mau bayar, sepengamatan mimin seperti ini cirinya :

Alasan Butuh Cepat

Setiap orang pinjem duit kebanyakan karena butuh duit cepat buat sesuatu, tapi kalau sista denger kalimat yang mirip seperti ini sista harus berhati-hati kalau doi punya kemungkinan enggak mau bayar hutang , kalimat yang mirip kayak ini “aku butuh banget dananya sekarang, aku enggak kepikiran mau kemana lagi / aku enggak kepikiran apa-apa lagi / aku enggak kepikiran gimana nanti yang penting keperluaanku yang ini bisa ketutup dulu, urusan bayar nanti saya usahakan”. Banyak banget nih yang kurang teliti dengan kalimat di yang tercetak tebal dan miring itu kalau itu udah tanda dia cuma mikir bisa dapet duit cepet tapi enggak tahu kapan dan gimana cara balikinya.

Besar Pasak dari pada tiang

Nih yang kita harus tiati semua , Semisal ada orang entah temen atau tetangga kita, mau pinjem duit tapi nilainya senilai gaji dia, dua kali lipat gaji dia, tiga kali lipat gaji dia, atau lebih dari itu dan doi janji mau balikin duitnya dalam waktu satu bulan, dua bulan atau waktu yang singkat , kita seharusnya sadar banget dong kalau itu udah enggak mungkin banget nget nget kan. Coba deh orang punya gaji kita anggap 100% , dan udah pasti 60%gajinya itu buat operasional harian dari makan,minum, bensin buat kendaraan , bayar listrik dan bayar lainya. terus 40% biasanya buat beli kepinginan kayak baju, sepatu, sandal, jajan, jalan-jalan, kondangan dan sebagainya, kalau doi pinjam duit senilai atau lebih dari gajinya dan janji bayar dalam waktu sebulan/pas gajian itu udah pasti enggak mungkin kan? dan kalau doi punya tabungan enggak mungkin doi pinjam duit ke kamu kan?

ciri-ciri_temen_pinjem_duit_dan_enggak_mau_balikin

Dia Udah kerja tapi pinjam duit ke kamu

Sist kamu perlu sadar pas, ada temen yang udah kerja tapi pinjam duit kekamu seharusnya kamu perlu bertanya-tanya kenapa doi enggak kas bon atau pinjem duit ke HRD/ ke tempat dia kerja? ini pengalam saya sist saya kasih pinjam duit ke temen yang ternyata dia udah enggak bisa kas bon lagi di kantor dan bahkan ternyata doi pinjam duit kemana-mana dan tinggal kita yang belum minjemin duit jadi doi pinjem ke kita. Nah tiati kalau udah gini bakal lama duit kamu dibalikin sist.

Gadai Fiktif

Nih yang lagi dialamin temen-temen saya sist, satu orang yang sama pinjem duit ke banyak orang dan janjiin mau gadaikan mobil dan motor tapi doi minta duitnya ditransfer dulu setelah itu doi nganter mobil/motornya kerumah. Nah kalau kejadian begini sista bisa laporkan ke polisi dengan tuduhan pengelapan karena di iming-imingi dapet mobil/motor setelah ngasih duit, dan duit dikasih mobil/motor kagak dateng. Sama satu lagi usahakan semua transaksi via transfer bank biar sista ada rekening koran jadi kalau ada apa-apa sista ada bukti kalau udah kasih duit ke yang gadai.

 

Iyaa sis , saya ngerti kadang kita memang harus bantu orang yang lagi kesulitan, tapi kita juga tetap harus hati-hati biar tidak diremehkan dan duit kita balik. Kita harus bisa bedain apa itu ikhlas dengan tegas, sista boleh saja mengikhlaskan duitnya buat bantu, tapi sista harus punya ketegasan agar tidak di angap gampangan dan tidak diremehkan. Tetap hati-hati yaa sist biar enggak di curangin temen sendiri 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *