Kenapa Kamu Takut Ke Kamar Mandi Tenggah Malam

Pernah engak sist kamu malem-malem kebangun dari tidur kebelet pipis tapi engak berani ke kamar mandi? rata-rata sih pada pernah ngalamin begituan, biasanya kita mager ke kamar mandi karena kita kepikiran yang enggak-enggak, dari kepikiran ada sesosok putih-putih yang ngawasin kita atau bahkan ada sosok putih-putih yang tiba-tiba ngangetin tepat di depan muka kita. Walaupun sebenernya kita sadar kalau itu cuma imajinasi kita aja yang sebenernya belum tentu bahkan tidak mungkin terjadi tapi tetep aja kita lebih milih nahan ke kamar mandi dari pada ngelaman imajinasi kita.

 

Yakk….dulu mimin pernah baca artikel di instagram sama di twitter, jadi kalau menurut penlitian yang mimin lupa sumbernya, otak kita itu doyan banget sama hal negatif , sekali kepicu hal negatif pikiran kita semakin mengembangkan dan semakin betah mikirin hal negatif itu, contoh nih sist kita bisa ngabisin waktu berjam-jam buat ngobrolin kelakuan temen se-geng kita yang kalau pakai baju kadang engak banget style sama warnanya, dari obrolan gaya bayu bisa lanjut ngobrolin pengalam buruk kita dengan orang yang lagi kita obrolin uang kecil-kecil aja kayak dia pinjem bulpen ke kita tapi engak dibalikin atau kalau dia yang suka kentut dan sendawa, yaa hal-hal negatif tentang orang itu. Dan kalau di bandingin kita bisa ngupas hal negatif orang itu berjam-jam dibandingkan bahas kebaikan dia sama kita, kayak dia yang suka dengerin obrolan engak jelas kita, dia yang selalu bawain buah kalau kita lagi sakit atau hal positif lainya.

Nah itu semua terjadi karena respon otak kita jauh lebih responsif kalau nemu hal negatif termasuk pas kita lagi putus sama pacar kita , shocknya cuma 6menit tapi karena otak kita nangkep rasa sakit dihati akhirnya kita mikirini itu sampai 2-3hari, dan setelah shopping baru happy lagi hehe. Begitupun pas kita kebangun malem-malem karena kebelet pipis tapi enggak berani ke kamar mandi, karena kita kepikirian satu hal yaitu “kalau ke kamar mandi nanti siapa tahu ada”… cuma hal itu aja bisa mematik pikirian kita buat berimajinasi ada sosok putih-putih, atau ada suara-suara, atau ada mantan kita, atau ada monster, atau ada apa lah intinya yang imajinasi mahluk menakutkan buat kita bahkan mantan aja kepikiran kadang nongol keluar dari bak mandi.

Lalu gimana mengatasi ini, yaa emang awalnya enggak gampang karena kita udah terbiasa buat merespon hal yang negatif lalu ngembangin jadi cerita-cerita baru, tapi itu bisa kok di rubah dengan memikirkan hal yang lain, dulu mimin pernah baca cara ngilangin hal negatif dengan phobia, dimana kita bikin persamaan , misal kita mikirin mantan kita nongol dari bak mandi kita bisa nyamain muka mantan kita dengan hal yang kita phobia , contoh kita nanemin di pikiran kita ‘setiap kali kita kepikiran hantu/sosok putih-putih/mantan kita jadi inget phobia kita kayak phobia laba-laba, phobia bintik-bintik (typografi) , phobia ikan, phobia semut atau phobia lainya, nah dengan begitu otak kita akan merespon lari dan menghindari bayangin phobia itu, bisa aja otak kita menghindari itu dengan munculin ingetan tetang ariel noah, brad pit, makanan kesukaan kita atau kita jadi ingget sama mas-mas tukang bakso yang salah hitung dan engak ngasih kembalian secara genap. Nah kamu boleh loh coba cara itu, usahakan alihkan pikiran kita dengan hal yang membuat kita tidak mau larut mikirin itu, bahkan ingatan kamu kaget pas denger om telolet om juga bisa ngebantu kamu buat mengalihkan pikiran yang over imajinasi itu. gitu aja sist kita lanjut di atikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *