Kenapa Kamu Tertipu Online Shop Ini Alasanya

Halo halo sista, kamu pernah ketipu online shop? atau temenmu yang ketipu online shop?

Jadi mimin berkali-kali chating sama pembeli baru dan beberapa dari mereka nanyain ” ini enggak tipu-tipu kan, ini asli kan ?” duuh mbak-mbak cantik pertanyaanya kok aneh sih, masa tanya “ini enggak tipu-tipu kan?” kadang saya pingin ketawa , misal yaa saya mau nipu terus di tanyain nipu enggak yaa past jawabnya enggak nipu masa nipu ngomong jujur? -__- , Dulu mimin pernah di kasih tau ama om tung desem waringin pengusaha properti di Indonesia beliau bilang begini “Pertanyaan yang salah menghasilkan jawaban yang salah”. Kalau sista-sista ragu dengan penjual olshop cara membuktikan dia bisa di percaya atau tidak bukan dengan tanya “ini enggak tipu-tipu kan?”. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk membuktikan olshop itu terpercaya atau tidak, tapi sebelum kesitu mimin mau tulis kenapa sista bisa ketipu online shop :

Memelihara MAGER

yaap, ini masalah paling besar dari kita semua, kita udah sering banget pakai kata MAGER (males gerak) sebagai kosa kata paling sering kita pakai dalam hidup kita, akhirnya itu bikin kita males ngapa-ngapain termasuk males membandingkan satu toko online shop dengan online shop lainya. Perbandingan yang sering kita cari itu cuma perbandingan harga dan kualitas, tapi jarang kita mau perbandingkan review pelangan, padahal paling penting kalau belanja olshop kita baca review pelangan, bisa dari testimoni, screenshoot testimoni dan sebagainya.

Males Ribet

Sebenernya transaksi paling aman itu kalau kita belanja online lewat marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada, mataharimall.com atau q0010. Tapi karena ribet harus daftar , isi biodata dan harus log in kalau mau beli jadi kita milihh belanja di olshop yang via chating, enggak masalah sih kalau kita belanja via chating toh mimin juga jualan bantalfoto via chating tapi mimin sudah buatkan video dan screenshoot testimoni dan foto bukti pengiriman sebagai bukti mimin asli bukan tipu-tipu tapi mimin juga jualan di marketplace tokopedia biar lebih enak 😀 , nah back to topic marketplace kelemahanya memang ribet dan harganya bisa lebih mahal dari toko offline tapi sista punya jaminan 100% uang kembali kalau ketipu di marketplace.

Males Lapor

Jadi kebanyakan konsumen yang cerita ke mimin kenapa mereka ketipu , ujung dari semua cerita adalah IKLHAS, karena ketika barang tidak sampai banyak banget orang yang dia cuma ngeluh kalau kena tipu tapi tidak mau lapor ke polisi dan alasanya di IKHLASIN aja, padahal kita tidak bisa ketipu di toko online manapun loh kalau kita mau lapor ke kepolisian, kenapa begitu? karena sista kan pas transfer duit itu lewat rekening kan? Nah sista pasti tau gimana kelengkapan data nasabah Bank kan? Sista mau ambil duit ke teller aja sampai di mintain ktp, nama ibu dan sebgainya kan? Dari situ juga kita bisa dapet jaminan transaksi kita di belanja online aman atau tidak, kalau sista ketipu entah cuma 50ribu atau sampai jutaan karena beli Kamera atau HP sista cukup dateng ke kantor polisi dan laporkan no rekening pelaku dan otomatis polisi dengan gampangnya nangkep pelaku. Karen data no rekening itu lengkap selengkap lengkapnya data. Tapi kebanyakan dari kita males ngurusin dan alesanya “Ikhlasin aja, entar Tuhan kasih yang lebih baik”. Kita udah ngomong ikhlas tapi kita langsung koar-koar kesetiap orang kalau kita ditipu olshop padahal yang nipu cuma satu orang bukan semua olshop.

Kenapa_kamu_tertipu_online_shop

Saya pernah tuh, waktu iklan di facebook udah bayar mahal ada satu orang yang trauma dengan olshop dia langsung balas pesan ke calon konsumen saya bilang kalau dia baru saja ketipu belanja online boneka , ada lebih dari 100rang yang komentar di facebook saya dan semuanya di kirimin balas pesan bilang kayak gitu, akhirnya saya langsung chat orang tersebut , tanya apakah dia tertipu di toko online shop saya, kalau iya atas nama siapa, kapan , terus bukti transfernya mana. Dan ternyata ibu-ibu tersebut balas chat saya kalau dia di tipu toko online asal jakarta dan bukan dari toko saya, tapi karena dia liat produk saya mirip dengan produk yang dia kena tipu dulu akhirnya dia kasih tahu semua orang yang di komentar facebook saya agar hati-hati kalau belanja online.

Yaa saya pribadi langsung bilang ke ibu itu, “Bu , ibu ini kena tipu bukan dari toko saya, tapi kenapa ibu kirim pesan penipuan ke semua calon pembeli saya, berapa banyak orang yang enggak jadi beli barang saya padahal saya enggak nipu” . Dan ibu itu hanya bilang “iya maaf , saya dulu pernah ketipu jadi saya kasih peringatan ke orang-orang buat hati-hati belanja online” . Dan sista-sista tahu waktu ibu ini saya tanyai ” Ibu sudah lapor ke polisi atas kasus penipuan tersebut? Nomer rekening pelaku bisa dilaporkan kok bu, cepet banget polisi nemuin penipu dari no rekening” dan ibu ini cuma bilang “tidak mbak , sudah saya ikhlaskan uangnya , saya yakin Tuhan akan kasih saya yang lebih baik”.

Coba sis, sista pahami ucapan ibu-ibu yang saya ceritakan diatas, dia bilang kalau dia sudah IKHLAS, tapi yang dia lakukan adalah kirim balas pesan di kolom komentar dagangan saya dan kasih peringatan kesemua orang yang adan di komentar kalau dia kena tipu dan itu bukan dari toko saya , -__- sumpah bete banget, karena bulan berikutnya saat saya rilis iklan di facebook orang tersebut melakukan hal yang sama kirim pesan kesemua orang di kolom komentar iklan saya. Dengan berat hati akun orang tersebut saya BLOCK.

Come on, sist kalau sista takut ketipu di online shop maka sista harus lebih detail dalam memilih online shop , cari tahu di google adakah review kekecewaan orang ke toko tersebut, jika online shop tersebut dari grup bbm, grup wa, atau grup facebook maka satu hal , kalau sampai sista ketipu sekecil apapun laporkan saja ke kantor polisi no rekeningnya sertakan bukti chatingnya. Banyak produk yang tidak bisa kita temui di toko offline tapi banyak bertebaran di online shop, dan demi keamanan dan kenyamanan berbelanja maka kita harus lebih detail dalam memilih onlineshop jangan malas untuk kepoin bukti pengiriman, kepoin video pengiriman(kalau ada). Selamat Berbelanja online, Sukses dan Sehat Selalu yaaa 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *